Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi UMI Laksanakan Praktek Kepaniteraan

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR.

Adila Helsinki Salah seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia, tampil di atas mimbar memberikan kuliah tujuh menit (kultum) berjudul “Penerapan Hukum Islam Dalam Pelayanan Kesehatan Gigi” di depan jamaah masjid Abubakar Assiddiq, Gedung Fakultas Kedokteran Gigi UMI Makassar, Selasa (03/01/2023) kemarin.

Tema yang dipresentasikan dalam Kultum tersebut merupakan salah satu judul dalam rangkaian tugas yang sebelumnya telah dibuat dalam bentuk makalah yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa Kedokteran Gigi UMI yang mengikuti kegiatan kepaniteraan Islam Disiplin Ilmu (IDI) dan Pengabdian angkatan 2021.

Bentuk kegiatan kultum tersebut selanjutnya akan dilanjutkan dengan mahasiswa lain dengan tema atau judul lain yang telah dipilih dan ditentukan sebelumnya.

Beberapa judul lain yang akan dibahas dan dipresentasikan oleh masing-masing mahasiwa peserta program yang berjumlah 20 orang ini adalah; (1) Pandangan Islam terkait protesa pada jenazah pasien, (2) Alat dan bahan pada aplikasi gigi dan mulut dalam pandangan islam, (3) Etika pelayanan Kesehatan gigidan mulut kepada pasien dalam al-Quran, (4) Tahap pembentukan gigi dalam pandangan islam, (5) Transplantasi gigi dalam islam, (6) Tinjauan Islam terhadap rekontruksi gigi, (7) Kebersihan gigi dan mulut menuju praktik ibadah yang hygienis, (8) Ibadah puasa hubungannya dengan Kesehatan dan perawatan gigi dan mulut, dan (9) Penanganan pasien dengan mashlahah.

Program kegiatan kepaniteraan angkatan 2021 pada kepaniteraan IDI ini telah berlangsung sejak tanggal 26 Desember 2022 dan akan berakhir pada tanggal 20 Januari 2023 mendatang.

Disamping pemberian tugas makalah dan Kultum, mahasiswa juga melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk kajian di lingkungan sekitar, panti asuhan, panti jompo, majelis taklim dan sebagainya. Penanggung jawab kegiatan ini adalah drg Chusnul Chotimah, Sp, Prost, drg Sari Aldilawati, MKes, Dr. Nur Setiawati, SAg, MAg, dan drg Muhammad Jayadi Abadi, MKes. (nur)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN