Dr. Sutanto, SH, MH : Ada Empat Kebutuhan Esensial Anak Usia Dini Harus Diperhatikan Orang Tua

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Sekretaris Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dr. Sutanto, SH, MH mengatakan, ada empat kebutuhan esensial anak usia dini yang harus diperhatikan oleh orang tua.
Hal tersebut dikemukakan ketika membuka secara virtual Rakor PAUD dan Dikmas se-Sulawesi Selatan di Aula Anging Mammiri BPPAUD dan Dikmas Sulsel, Rabu (23/09/2020) malam.

Rakor yang berlangsung secara tatap muka itu dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19, penyelenggara kegiatan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Baik kepada peserta maupun panitia.

Mengenakan masker dan menjaga jarak agar tidak terjadi kontak fisik. Kursi tempat duduk peserta pun diatur dengan jarak aman. Jika dalam kondisi normal sebuah meja biasanya diisi enam peserta, kali ini hanya ditempati tiga orang atau dua orang saja.

Peserta juga ditempatkan hanya satu orang per kamar di asrama. Dalam kondisi normal, kapasitas kamar di asrama BPPAUD dan Dikmas Sulsel bisa digunakan untuk dua atau berapa orang.

Rakor yang berlangsung selama tiga hari di Makassar itu diikuti Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Bidang PAUD kabupaten/kota se-wilayah kerja BPPAUD dan Dikmas Sulsel.

Empat hal kebutuhan esensial anak yang dimaksud Sesditjen Sutanto adalah, kesehatan, pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan. Itu harus menjadi perhatian dalam mempersiapkan anak memasuki usia sekolah.

Terkait kebutuhan kesehatan anak, orang tua selalu memberi makanan bergizi yang seimbang, bernutrisi, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Termasuk mengajak anak berolahraga dan bercanda.

Mengenai kebutuhan pendidikan, orang tua harus bersinergi dengan anak dan satuan pendidikan. Memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan tumbuh kembang anak. Itu penting untuk perkembangan kognitif, psikomotorik, dan psikologis anak.

Dalam hal pengasuhan, terkait dengan pemenuhan kebutuhan esensial yang diberikan sebelumnya. Orang tua hendaknya memberikan pola asuh yang efektif dan positif.

Kebutuhan esensial keempat adalah perlindungan. Orang tua harus bisa mengelola emosi agar tidak berdampak pada anak dan menghindarkan mereka dari dampak kekerasan dalam rumah tangga. Di sini, anak juga diajarkan mengelola emosinya.

Di akhir pengarahannya, Sesditjen Sutanto memberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan yang dimanfaatkan oleh peserta dari Diknas Makassar, Parepare, dan Kabupaten Wajo. (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN