FT-UMI Laksanakan Workshop RPS berbasis KKNI

SOROTMAKASSAR -- Makassar

Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT-UMI) terus berbenah untuk meningkatkan kualitas sistem pengajaran demi tercapainya mutu keluaran yang maksimal.

Hal itu dibuktikan dengan melakukan berbagai kegiatan, salah satunya workshop dan sosialisasi pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dalam rangka penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), di ruang Aula FT-UMI, Jumat (03/05/2019) pagi hingga sore tadi. Salah satu pematerinya adalah DR. Ir. M. Anis Saleh, MT.

Menurut Dekan FT-UMI, Ir. H. Muhtar Thahir Syarkawi, MT, yang diwakili Wakil Dekan I Bidang Akademik, DR. Ir. H. Syarifuddin Nojeng, MT, tujuan pelaksanaan kegiatan yakni untuk memberikan pemahaman secara lebih mendalam kepada seluruh dosen yang ada di lingkup FT-UMI.

"Kegiatan ini untuk memberi pemahaman kembali kepada semua dosen di fakultas Teknik bagaimana cara membuat RPS yang baik dalam rangka kurikulum yang telah KKNI," terangnya.

Hal itu, lanjutnya, untuk memberi pemahaman kepada dosen tentang tata cara pembuatan RPS yang baik. Pasalnya, RPS itu harus dibuat oleh masing-masing dosen berdasarkan kurikulum yang telah dibangun sebelumnya kegiatan workshop yang telah dilaksanakan oleh masing-masing program studi (prodi).

"Semua dosen harus membuat RPS sesuai hasil workshopnya, yang disusun berdasarkan capaian pembelajaran lulusan (CPL) tiap prodi. Sehingga, hasil yang ada itu di break down di RPS yang dibuat masing-masing dosen. Dan nantinya akan terapkan kurikulum berbasis KKNI," terangnya.

Jadi katanya, semester mendatang untuk tahun ajaran 2019/2020, diharapkan kurikulum berbasis KKNI dapat diberlakukan diseluruh prodi yang ada di FT-UMI.

Silaturahmi Rektor UMI

Disela kegiatan workshop dan sosialisasi RPS berbasis KKNI, Rektor UMI, Prof. DR. H. Basri Modding, SE, MSI, Wakil Rektor I, DR. Ir. H. Hanafi Ashad, MT, bersama para petinggi Yayasan Wakaf UMI, berkesempatan mengunjungi FT-UMI.

Kegiatan yang dilakukan Rektor UMI beserta jajarannya tersebut dimaksudkan untuk lebih mempererat tali silaturahmi dengan civitas akademik yang ada di FT-UMI. (zl)

 

 

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN