Di Ajang Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional, Siswa-Siswi Buddhis Sulsel Raih Empat Gelar Juara

SOROTMAKASSAR - SURABAYA.

Kontingen Siswa-Siswi Buddhis Provinsi Sulawesi Selatan berhasil meraih empat gelar juara pada ajang "Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional IX Tahun 2023" yang berlangsung di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Provinsi Jawa Timur, 19-23 Juni 2023.

Dalam kegiatan yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia ini, kontingen Sulsel meraih Juara 1 Dhammapada tingkat SMA, Juara 2 Dhammapada tingkat SMP, Juara 3 Dhamma Gita putra tingkat SD, dan Juara 3 Dhamma Gita putri tingkat SD.

Sippa Dhamma Samajja (SDS) merupakan program Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama RI. Ajang kompetisi dan edukatif untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, dan pemahaman siswa-siswi buddhis dari 34 provinsi se-Indonesia terhadap ajaran Buddha.

SDS Tingkat Nasional IX (SDS IX) bertema "Mantap, Unggul, dan Berkarakter (Mantul Rek!)" dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi, AM. Adiyarto Sumardjono mewakili Menteri Agama RI, Selasa (20/06/2023).

SDS IX mempertandingkan enam kategori lomba masing-masing tingkatan SD, SMP dan SMA, yaitu : Dhamma Gita (Menyanyi Lagu Rohani Buddha), Dhammavijja (Cerdas Cermat), Dhammavikata (Cerita Bergambar), Dhammapada (Melafal Syair Dhammapada), Dhammakatha (Pidato Buddhis), dan Dhammakkhayika (Bercerita Buddhis). Kontingen Sulsel mengikuti 20 jenis lomba dari total 21 jenis lomba yang dipertandingkan.

Sama seperti SDS VIII, penilaian dilakukan terhadap hasil rekaman video maupun hasil karya peserta yang dikirim oleh panitia penyelenggara dari daerah. Kecuali, lomba Dhammavijja yang dilakukan secara daring menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

Penutupan SDS IX dilakukan secara resmi oleh Dirjen Bimas Buddha, Drs. Supriyadi, M.Pd pada Kamis (22/06/2023) malam. Diawali pengumuman pemenang dan penyerahan piala. Dimana Pembimbing Masyarakat (Pembimas) Buddha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi masing-masing pemenang mewakili menerima piala dari panitia pelaksana.

Piala Bergilir Menteri Agama RI berhasil diboyong oleh Provinsi Banten yang tampil sebagai Juara Umum. Penyerahan Piala Bergilir diserahkan langsung oleh Dirjen Bimas Buddha.

Sesuai hasil keputusan sarasehan Dirjen Bimas Buddha dengan Pembimas Buddha se-Indonesia, SDS Tingkat Nasional X akan diadakan di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2025 mendatang dalam bentuk tatap muka.

Terkait prestasi kontingen Sulsel dalam SDS IX, Pembimas Buddha Sulsel, Pandhit Amanvijaya, S.Ag, MM, M.Pd.B mengapresiasi dan memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada para siswa-siswi, guru, dan seluruh pemangku kepentingan yang sudah mendukung kegiatan SDS sejak awal persiapan hingga akhir.

Terutama kepada Ketua Vihara Girinaga yang telah memfasilitasi siswa-siswi buddhis untuk kegiatan SDS. Tak lupa juga kepada Arama Maha Buddha dan Vihara Sasanadipa, serta Sekolah Kidstar yang turut mendukung pelaksanaan SDS dengan penuh semangat dan ketulusan.

Awal menjabat sebagai Pembimas Buddha Sulsel dan mengikuti SDS VIII, Sulsel telah mempersembahkan 4 piala. Pada SDS IX ini Sulsel juga meraih 4 piala, namun dengan kualifikasi peringkat yang lebih tinggi. Ini membuktikan umat Buddha Sulsel, terutama siswa-siswinya memiliki peluang dan potensi yang sangat luar biasa dalam pemahaman dan pengembangan Buddha Dhamma.

"Harapannya, Sulsel dapat menyumbangkan prestasi yang lebih baik lagi pada SDS X dengan dukungan dari semua majelis umat Buddha di Sulsel. Seluruh umat Buddha Sulsel seyogianya dapat saling bantu dan bahu membahu satu dengan yang lain. Agar dalam SDS X, pencapaian Sulsel dapat lebih sukses dari SDS sebelumnya. Namun demikian, tujuan dari lomba bukanlah hanya sekadar menang. Tapi lebih dari itu, dalam lomba perlu diajarkan sportifitas dan nilai-nilai kejujuran kepada siswa-siswi buddhis," kata Pembimas Buddha Sulsel. (mi_dhata)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN