Pasutri Mulyadi-Fatmawati, Mahasiswa PVKT PPs UNM Berhasil Raih Gelar Doktor Bersamaan

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR,

Pasangan suami isrti, Ir. Mulyadi Nur, ST, MT IPM dan Ir. Fatmawati Sabur, SSiT, MT, IPM, berhasil menyelesaikan studinya dan meraih gelar doktor pada ujian promosi di Program Pascasarjana (PPs), Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan (PVKT) Universitas Negeri Makassar (UNM), yang berlangsung di Aula PPs Gedung AD lantai 5 UNM, Jl Bonto Langkasa, Rabu (31/05/2023) pagi hingga sere hari.

Pada pagi hari, mulai pukul 08.30 Wita, Mulyadi Nur mulai memaparkan disetasinya yang berjudul 'Model Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Penumpang Pada Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar', dihadapan Ketua Sidang sekaligus penguji Internal Prof. Dr. Syukur Saud, MPd, Promotor Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, MKes, MEng, IPU, Asean Eng, Kopromotor Dr. Dahlan Sidik, MPd, Penguji Internal Prof. Dr. Purnamawati, MPd, Penguji Internal Dr. Haruna, MPd, dan Penguji Eksternal Prof. Dr. Ir. Ansar Suyuti, MT, IPU.

Dalam pemaparan, Mulyadi menyatakan, pembangunan suatu wilayah membutuhkan jasa angkutan transfortasi yang memadai, sehingga mampu menunjang mobilisasi penumpang dan barang agar terjadi penguatan di sektor ekonomi.

"Untuk itu. diperlukan manajemen yang profesional dalam layanan transportasi, khususnya transportasi udara.Dan dengan meningkatnya pergerakan penumpang dan barang diharapkan dapat menciptakan peningkatan perekonomian suatu daerah, karena mampu mencapai daerah dengan cepat dibanding menggunakan angkutan darat, laut maupun kereta api. Adanya mobilisasi yang sangat tinggi ini maka diperlukan jasa pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan mobilisasi tersebut, salah satunya yaitu kegiatan penerbangan selalu dimulai dan diakhiri di bandara (airport to airport)," tegasnya yang disaksikan seluruh rekan sejawat, keluarga dan mahasiswa S3 UNM.

Untuk itu dalam penelitiannya, Mulyadi menetapkan tujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas layanan (chek in counter, avsec, keselamatan penerbangan, penunjang, dan bagasi) terhadap kepuasan penumpang di bandar udara internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan merancang model kualitas layanan terhadap kepuasan penumpang di bandar udara internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Expost facto dengan pendekatan kuatitatif dengan sampel yakni penumpang yang berada pada ruang tunggu keberangkatan terminal Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin

Berdasarkan hal tersebut, Mulyadi menyimpulkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan, mulai dari chek in counter, AVSEC, keselamatan penerbangan, penunjang dan bagasi terhadap kepuasan penumpang Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dengan nilai kategori kuat.

Adapun temuan yang diperoleh yakni, ada pada budaya kerja dengan memanfaatkan Teknologi kecerdasan buatan/belajar yang berbasis penerapan teknologi 4.0 dengan system otamasi distrupsi teknologi dan harapan yang diharapkan yang paling utama adalah keselamatan Penerbangan. Kemudian, adanya perubahan Model kualitas pelayanan jasa pada PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin apabila terjadi lonjakan antrian penumpang maka pihak pengelola harus merubah model pelayanan

"Ini menjadi masukan untuk pembaharuan kebijakan peningkatan pelayanan yang diberikan kepada PT Angkasa Pura I sebagai Operator di Bandar Udara Sultan hasanuddin Makassar kepada penumpang sesuai dengan aturan Menteri Perhubungan No PM 178 Tahun 2015 tentang Standar pelayanan pengguna jasa Bandar Udara," tutup Mulyadi.

Di tempat yang sama, pada siang harinya, Fatmawati Sabur, juga memaparkan disertasinya, dihadapan Ketua Penguji Prof. Dr. H. Hamsu Abdul Gani, MPd, Promotor Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Yahya, MKes, MEng, IPU, Asean Eng, Kopromotor Prof. Dr. Purnamawati, MPd, Penguji Eksternal Pro. Dr Ing. Ir. Faizal Arya Samman, ST, MT, IPU, ACPE, Penguji Internal Dr. Ir. Muhammad Nasir Malik, MT, dan Penguji Internal Dr. Anas Arfandi, SPd, MPd.

Fatmawati menyampaikan, keterbaruan dari penelitiannya adalah model aplikasi mobile penunjuk arah lokasi fasilitas di terminal Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin yang menghasilkan desain petunjuk arah berbasis digital dengan memanfaatkan perangkat smartphone masing-masing pengguna jasa penerbangan yang sedang berada di dalam terminal.

Adapun rincian kebaruan desainnya, kata Fatmawati yakni, aplikasinya menerapkan tampilan sistem informasi petunjuk arah fasilitas layanan umum secara digital dan dapat digunakan oleh semua pengguna jasa penerbangan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin.

Kemudian, aplikasi tersebut dapat dioperasikan di semua jenis smartphone secara online atau memanfaatkan jaringan internet. Aplikasi ini juga menampilam informasi arah jalur yang dapat ditempuh dari lokasi awal hingga tujuan. Juga menampilakan jarak dan waktu tempuhnya.

"Aplikasi ini dirancang sederhana sehingga memudahkan pengguna jasa penerbangan untuk memanfaatkannya," pungkas Fatmawati. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN