Tim Dosen FT UMI Laksanakan PKM, Bangun Penerangan Jalan Berenergi Matahari Di Pesantren Darul Ulum At-Thahiriyah Pinrang

SOROTMAKASSAR -- PINRANG.

Tim dosen Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT UMI) kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan membangun penerangan jalan lampu LED memanfaatkan energi matahari melalui panel surya di Pesantren Darul Ulum At-Thahiriyah, Kampung Paladang, Desa mallongi-longi, Kecamatan Lanrisang, Kabupaten Pinrang, akhir pekan kemarin.

Kegiatan ini diketuai Dr. Ir. H. Mukthar Thahir Syarkawi, MT, dengan anggota Dr. Ir. H. Arif Jaya, MT dan Ir. Bayu Adrian Asaad, MT, serta melibatkan dua orang mahasiswa.

Menurut Mukthar, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu memberi penerangan jalan bagi anak-anak santri saat pergi beribadah di masjid pada sore dan malam hari.

Selama ini, katanya, anak-anak santri saat pergi sholat ke mesjid, menggunakan penerangan seadanya. Kadang menggunakan senter, handphone, maupun obor.

"Jadi, dengan adanya lampu penerangan jalan yang dibangkitkan dengan memanfaatkan energi matahari, para santri tersebut sangat bersyukur karena jalan yang mereka lalui untuk ke masjid sudah terang. Bahkan masyarakat sekitar pun ikut menikmatinya," ungkapnya.

Mukthar juga menyampaikan, ini merupakan langkah awal, dan untuk ke depannya akan pengembangan lebih lanjut. Selain itu, berkat kegiatan pengabdian yang dilakukan, kepala desa setempat telah berjanji untuk menambah panel surya untuk penerangan jalan di tujuh puluh lima titik di seluruh desa.

"Karena antusiasnya, Kepala Desa setempat bahkan telah meminta pihak FT UMI untuk bekerjasama dalam pembangunan penerangan jalan di desa dengan memanfaatkan dana desa yang ada," jelasnya

Menyangkut tanggapan pihak pesantren dan warga desa, Mukthar menuturkan, berdasarkan hasil kuesioner, mulai dari pengelola pondok pesantren, para santri, hingga masyarakat, merasa sangat senang dan puas terhadap kegiatan pengabdian yang telah dilakukan.

"Bahkan kemarin itu secara tersirat Kepala Desa meminta agar KKN mahasiswa dari FT UMI, bisa diarahkan desa itu untuk membuat berbagai program kegiatan," pungkasnya.

Diketahui masyarakat Desa Mallongi-longi rata-rata merupakan petani dan peternak. Di desa tersebut, terdapat pesantren Darul Ulum At-Thahiriyah Paladang yang saat ini mengajarkan kitab-kitab Islam klasik dengan sistem sorogan, wetonan, dan bandongan guna mendidik calon-calon ulama. Dan seiring perkembangan zaman, pesantren juga telah mengembangkan pendidikan modern (khalaf) memakai kurikulum kemenag dan diknas yaitu : MI, MTs, MA, dan SMK. Pada pesantren ini, sistem pengajaran yang dilakukan yakni perpaduan pendidikan ilmu formal dan ilmu agama Islam. Para santri belajar seperti di sekolah umum atau madrasah. Setelah istirahat dilanjutkan belajar kepesantrenan di lingkungan pesantren. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN