Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Unismuh Segera Susun Profil Lulusan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Unismuh Makassar segera menyusun profil lulusan dalam rangka menjawab market signal setelah menggelar Workshop Scientific Vision, Rabu (09/06/2021) secara daring, dengan mendatangkan nara sumber Prof. Dr. Paulus Israwan Setyoko, MS, dengan moderator Ketua Prodi S1 Administrasi Negara Unismuh, Nasrulhaq SSos, MA, dan dihadiri para dosen magister ilmu administrasi publik dan dan S1 Ilmu Administrasi Negara.

Ketua Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik PPs Unismuh Makasaar, Dr. Hj. Fatmawati A. Mappasere, M Si, kepada media Kamis (10/06/2021) menjelaskan, Prof. Paulus Israwan, yang sehari-hari merupakan dosen S2 Ilmu Administrasi Universitas Jenderal Soedirman dan asesor BAN-PT, menegaskan, setiap program studi wajib memiliki scientific vision yang diturunkan dari visi universitas, fakultas, atau jurusan yang memayungi program studi yang bersangkutan.

"Selain itu pada hakekatnya scientific vision pada hakekatnya menyangkut kebutuhan generasi masa depan terkait bidang keilmuannya. Penyusunan kurikulum perlu mengidentifikasi scientific vision the next decade pada masing-masing prodi," ungkapnya.

Scientific vision merupakan pandangan dan pendapat para pakar atau kelompok pengajar yang berwawasan jauh ke depan.

"Pandangan itu kelak akan mampu menduga kemampuan lulusan bidang ilmu tertentu yang diperlukan di dunia kerja di masa yang akan datang, berdasarkan pada perkembangan ilmu dan teknologi yang dikembangkannya," jelasnya.

Market signal merupakan sinyal permintaan pasar terhadap kompetensi lulusan bidang ilmu tertentu yang mampu bekerja di dunia kerja secara berkualitas dan profesional. Market signal ini dapat diperoleh dari para alumni, pengguna (dunia industri dan profesi) serta mahasiswa.

Direktur PPs Unismuh Makassar, Dr. H. Darwis Muhdina, MAg saat membuka workshop mengatakan, terlaksananya workshop penyusunan scientific vision (SV) diharapkan prodi Magister Ilmu Administrasi Publik dan Jurusan Ilmu Administrasi Negara menjadikan SV sebagai pengarah dalam menyelenggarakan pendidikan berkualitas dan ditunjang program penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul dalam bidang keilmuan administrasi publik, terutama program penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa, katanya.

Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr. Hj. Ihyani Malik, S.Sos, M.Si pada sambutannya mengatakan, lewat kegiatan workshop yang diselenggarkan S2 Administrasi Publik dan S1 Ilmu Administrasi Negara semoga kedua prodi ilmu ini semakin matang dan jelas arah visi dan misi melaksanakan proses pembelajaran. (ulla/yahya).

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN