Fasilitator Financial Literacy CUSS di Training untuk Lengkapi Pengetahuan

SOROTMAKASSAR, SULAWESI SELATAN – Guna peningkatan kompetensi para fasilitator di Credit Union Sauan Sibarrung untuk mendorong lahirnya fasilitator-fasilitator baru yang handal, yang mampu memfasilitasi pendidikan dan pelatihan di lembaga Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) Tempat Pelayanan Saluampak kembali mengikutsertakan 5 (lima) Aktivis atau sangayoka serta pande untuk mengikuti Training of Trainers (TOT) Financial Literacy.

TOT Financial Literacy yang diadakan pada Sabtu 6 April hingga 7 April 2024 di Aula lantai 4 (empat) Kantor Pusat CUSS di Mandetek Kelurahan Tambunan Kecamatan Makale Utara Tana Toraja (Tator) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Kegiatan TOT fasilitator Financial Literacy (FL) dengan narasumber Anton Pararak yang sekaligus juga Ketua di Kantor Pusat CUSS.

Dengan diadakannya pelatihan ini, karena memang dirasakan bahwa, pendidikan merupakan salahsatu pilar penting dalam gerakan Credit Union Sauan Sibarrung. Lewat pendidikan terbukti mampu memberikan pencerahan dan membuka wawasan baru bagi para anggota, sehingga dapat ber CU lebih baik dan berkualitas.

“Dalam hal ini, perlu diterapkan mind setting agenda dan agenda intellectual. Hasil segala upaya ini harus diteruskan kepada para anggota CUSS dan para sangayoka/aktivis lainnya,” sebut Anton.

Dalam proses pendidikan di Credit Union Sauan Sibarrung, salah satu peran penting yang menjadikan CU dapat berkembang secara baik yakni, peranan fasilitator. Disadari atau tidak, peranan seorang fasilitator sangat vital karena fasilitator dalam CUSS menjadi semacam agen perubahan.

" Olehnya itu, seorang fasilitator dituntut memiliki kompetensi yang memadai agar mampu membawa proses perubahan yang nyata kepada para anggota CUSS di tiap Tempat Pelayanan (TP)," terangnya.

“Lewat TOT, peserta fasilitator di tiap Tempat Pelayanan (TP) teritori masing-masing dan kita harapkan mampu menyusun materi dan bahan ajar tentang keuangan anggota CUSS," tambahnya.

Sebagai seorang fasilitator, tuntutan yang harus dipenuhinya adalah kemampuan dalam menciptakan suasana gembira dan penuh semangat agar peserta antusias mengikuti setiap sesi pelatihan dari awal hingga akhir.

Kompetensi yang dimiliki tidak hanya tentang materi, tetapi juga kemampuan melaksanakan proses pelatihan yang efektif, serta menguasai teknik-teknik membuka dan menutup sesi, dengan menggunakan alat-alat bantu seperti slides, multimedia hingga tehnik delivery, energizing, ice breaking dan coaching. Singkatnya, seorang fasilitator harus mampu merencanakan, mengevaluasi dan meningkatkan mutu pelatihan.

Dengan kegiatan ini bertujuan untuk membantu meningkatkan mutu seorang fasilitator-fasilitator baru di CUSS.

" Tujuan lain yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan TOT ini yakni, meningkatkan kualitas seorang fasilitator, yang mana nantinya lewat ilmu yang ada dapat menularkan kepada pengurus CUSS ditempat pelayanannya, sehingga menjadi pendorong lahirnya fasilitator-fasilitator baru yang siap tampil, minimal di tempat pelayanan masing-masing.

Dan harapannya adalah, aktivitas pendidikan dan pelatihan di CU tempat pelayanan dapat terlaksana dengan baik dan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Dalam pelatihan TOT Fasilitator Financial Literacy yang berbentuk belajar bersama, para peserta yang hadir memperoleh pencerahan dan pengalaman baru mengenai Presentation Skill. Dan juga mendalami hal-hal yang berkaitan dengan Misi CUSS, Ptoduk dan pelayanan sampai dengan apa dan bagaimana dalam menyusun Anggaran Keuangan Keluarga.

Difasilitasi Deputi Pemberdayaan CUSS, Soni Dembong. Begitu pentingnya Pendidikan Financial Literacy bagi fasilitator, maka diadakan secara konsisten pelaksanaan pelatihan TOT ini dalam program kerja setiap tahunnya di 14 Tempat Pelayanan.

Pewarta: Yustus

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN