Ratusan Guru SMA se-Kota Makassar Ikuti Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

SOROTMAKASSAR -- MAKASSAR.

Ratusan guru SMA/SMK/SLB se-Kota Makassar mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah yang diadakan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, di Hotel Santika, Jalan Sultan Hasanuddin, Makassar, Senin-Rabu, 27-29 November 2023, dalam rangka meningkatkan kemampuan penulisan karya ilmiah. Pelatihan ini dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel yang diwakili Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 (Maros – Makassar Utara), Asqar SE MM, Senin (27/11/2023) pagi.

Dalam sambutannya Asqar mngatakan, setiap guru haruslah terus bergerak untuk mengikuti perkembangan jaman, khususnya dalam peningkatkan kemampuan literasi.

"Banyak komponen di bidang ilmu masing-masing yang sesuai dengan pengalaman yang dapat diambil sebagai bahan penelitian yang bisa dipublikasikan, baik nasional maupun internasional," paparnya.

Selain itu, katanhya, apabila guru memiliki kemampuan mentranfer ilmu, maka murid akan lebih percaya diri dan memiliki kompetensi sesuai minat bakatnya.

"Maka, sangat diharapkan kepada guru untuk lebih mendalami dalam penulisan, maka ikutilah kegiatan dan syukuri kemampuan yang dimiliki demi peningkatan kemampuan murid," tegas Asqar.

Saat pemaparan materi, dengan mengusung tema “Pentingnya Mengembangkan Kompetensi Menulis Artikel Ilmiah Bagi Para Guru”, Risfayanti Muin, SS yang juga Anggota Komisi E DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi PDIP, mengatakan, sesuai yang tertuang dalam UU No 14 tahun 2005, penulisan ilmiah merupakan hal yang harus dilakukan. Untuk itu, setiap guru harus memiliki kompetensi dalam penulisan.

Karena menurutnya, dengan menulis, akan mendatangkan banyak manfaat. Mulai dari mengasah kecerdasan, mengembangkan daya imajinasi, menumbuhkan keberanian, hingga mendorong kemauan dan kemampuan mencari informasi.

Selain Risfayanti, tampil pula pemateri Idwar Anwar, SS, MHum yang membawakan, “Karya Tulis Ilmiah: Pengertian, Fungsi, dan Struktur Penulisannya”, Dr. Suriadi Mappangara, MHum, membawakan “Menulis Artikel Ilmiah: Menemukan dan Mengembangkan Ide, Membangun Kerangka Tulisan dan Langkah-langkah Menulis Artikel", dan Ir Muhammad Zainal Altim, ST, MT, membawakan tentang "Sistematika Penulisan Artikel Ilmiah'.

Pemateri sekaligus pendamping kegiatan, Idwar Anwar mengakui, semua peserta nantinya masing-masing akan menulis satu artikel ilmiah dan kemudian diterbitkan dalam bentuk buku setebal seribu halaman. Buku ini akan menjadi buku pertama yang memuat tulisan dari guru SMA di Makassar.

"Buku ini nantinya berisi artikel terkait dunia pendidikan dari sudut pandang berbagai bidang studi atau mata pelajaran. Buku ini akan ber-ISBN didaftarkan serta akan didaftarkan untuk mendapatkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)/Surat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan HAM," terangnya.

Lanjut Idwar, selain materi teori, para peserta juga akan diberikan tiga kali latihan, yaitu Latihan I: Menemukan dan Menuliskan Ide Tulisan, Latihan II: Membuat Kerangka Tulisan, serta Latihan III: Menulis Artikel Ilmiah.

“Kami akan melakukan pendampingan kepada peserta dalam penulisan artikel selama dua bulan hingga tulisan rampung dan siap diterbitkan, baik offline maupun online,” pungkasnya. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN