Tim Dosen UMI Laksanan PKM Di Borisallo Gowa, Aplikasikan Alat Pemecah Biji Jagung Untuk Pakan Ayam

SOROTMAKASSAR -- GOWA.

Tim Dosen Univeritas Muslim Indonesia (UMI) Makassar yang dinaungi Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPkM), kembali menerapkan teknologi tepat guna berupa pemecah biji jagung untuk pakan ternak ayam bagi Kelompok Tani Dampang Ujungloe, Desa Borisallo, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sabtu (30/09/2023).

Tim dosen PKM UMI ini diketuai, Ir. Abdullah Basalamah, ST MT, dari Prodi Teknik Elektro, yang beranggotakan Ir. Hamri, MT dari Prodi Teknik Mesin UMI serta Ir. Anas Masa, MT, Prodi Teknik Elektro, dengan melibatkan beberapa orang mahasiswa.

Abdullah Basalamah menjelaskan, sebelum menerapkan teknologi tepat guna ke mitra, terdapat beberapa permasalahan dalam mengolah biji jagung yang telah dipipil untuk dihaluskan menjadi pakan ayam, masyarakat masih menggunakan alat sederhana seperti lesung, Dan untuk mengubah kebiasaan ini secara drastis butuh waktu yang lama untuk berubah.

asalah kepraktisan, di mana masyarakat masih menggunakan lesung dan tangan untuk memecahkan biji jagung dibandingkan dengan menggunakan alat teknologi yang membutuhkan biaya tambahan, karena mereka belum terbiasa dan biaya operasionalnya.

"Rata-rata, setelah mendapatkan jagung hasil pipilan, peternak ayam masih menggunakan alat penumbuk seperti lesung dengan durasi pengolahannya memakan waktu yang lama dan tidak efisien. Masyarakat juga berpikiran bahwa memanfaatkan teknologi, butuh biaya tambahan yang cukup besar," paparnya.

Sehingga, Abdullah Basalamah menuturkan, dengan menerapkan teknologi pemecah biji jagung, pengolahan pakan ternak ayam dari hasil pemipilan jagung, dapat lebih cepat dan efisien. Bahkan hasil olahan tersebut dapat bernilai ekonomis bagi warga dari sisi kewirausahaannya.

Dalam implementasi alat pemecah biji jagung, lanjutnya, metode yang digunakan yakni metode ceramah dan partisipatif. Di mana, mitra diberikan pengetahuan tentang pengenalan alat dan bahan hingga cara pembuatan dan perakitan alat.

"Pada pelaksanaan kegiatan, kami memberikan penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan mitra tentang alat, bahan, hingga cara membuat dan menggunakan alat pemecah biji jagung untuk pakan ternak ayam. Kami juga memberikan pemahaman tentang kewirausahaan," imbuhnya.

Kepala Desa Borisallo, Sofyan, didampingi Kasi Pembangunan, Muhammad Ilyas dan Kasi Pemerintahan, Syahril, mengucapkan terimakasih kepada UMI dan tim dosen PKM UMI yang telah turun langsung ke dasanya guna membantu masyarakat dalam penerapan teknologi bidang pertanian dan peternakan.

“Penerapan alat tepat guna seperti pemecah biji jagung ini, sangat besar manfaatnya bagi kami, utamanya bagi peternak ayam di desa kami. Untuk itu kami harapkan, tim-tim dosen UMI melalui lembaga LPkM UMI, bisa selalu melaksanakan kegiatan serupa di Desa Borisallo, untuk mengolah potensi desa dan meningkatkan wawasan masyarakat,” ungkapnya. (zl)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN