Temuan Mahasiswa S2 IPS PPs UNM Semangat Gotong Royong di Desa Kalola Wajo Mulai Memudar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Salah satu dampak sosial dari program dana desa yakni memudarnya semangat gotong royong masyarakat desa. Ini merupakan salah satu temuan dari hasil penelitian Andi Ashar Sinanto, mahasiswa S2 IPS PPs-UNM kekhususan Pendidikan Sosiologi, dipaparkan pada seminar hasil penelitian secara virtual, Rabu (15/07 2020) tadi.

Ashar Sinanto menulis tesis dengan judul, Dampak Sosial Dana Desa Dalam Kesejahteraan Masyarakat di Desa Kalola Kecamatan Maniangpajo Kabupaten Luwu.

Penulisan tesisnya dibimbing, Prof. Dr. Andi Agustang, MSi, dan Dr. Bastiana, MSi.

Pada seminar hasil itu dikatakan, masyarakat desa jika diajak kerja fisik pada masa lalu, dengan ikhlas mereka akan datang ke lokasi. Namuni sejak ada dana desa, warga pertanyakan apa ada sesuatunya atau tidak.

Hasil penelitian lainnya menunjukkan, pemanfaatan dana desa di Desa Kalola, dialokasikan pada pembangunan fisik, berupa pembangunan infrastruktur desa, pengadaan bak sampah, pembangunan jalan tani, drainase.

Pemberdayaan masyarakat berupa, pelatihan olah raga anak muda desa, senam setiap hari Jumat, program padat karya dan bantuan bea siswa bagi yang berprestasi.

Ditemukan juga dampak sosial dana desa dalam kesejahteraan masyarakat desa Kalola dari segi positif. Dimana, masyarakat mudah mengakses jalan menuju area persawahan, mengurangi pengangguran bagi remaja, pendapatan perkapita masyarakat desa juga meningkat. Desa ini yang dulunya masuk kategori tertinggal setelah masuk dana desa berubah jadi salah satu desa inovasi di Indonesia

Tapi pada sisi negatif dari hasil penelitian ini, timbul konflik antar warga, integrasi masyarakat mulai terkikis, masyarakat mulai lebih pentingkan pribadi, dan sifat gotong royong mulai memudar serta adanya kriminalitas yang terjadi di desa.

Seminar hasil penelitian ini, dipimpin Ketua, Prof. Dr. Andi Agustang, MSi dan sekretaris Dr. Bastiana, MSi. Anggota penguji, Prof. Dr. Darman Manda, MHum, Dr. Muhammad Yahya, MSi dan Dr. Sulaiman Samad. MSi. (nasrullah/yahya).

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN