Prof Arlin Adam Jadi Keynote Speaker Pelatihan Jurnalistik Kesehatan

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Redaksi media kesehatan Gosehat.id menghadirkan Guru Besar Kesehatan Masyarakat, Prof Arlin Adam di pelatihan jurnalistik tematik kesehatan di Gedung LPMP Sulsel, Sabtu (24/10/2020). Pelatihan ini mengangkat tema 'Go Sehat Go Literasi'.

Prof Arlin Adam mengatakan di era serba keterbukaan infomasi peran jurnalis menentukan perilaku di masyarakat. Karena itu dengan hadirnya pelatihan sangat sesuai dengan munculnya infodemi yang menyajikan informasi kesehatan yang berlebihan.

"Saat ini kita sedang berada dalam era masyarakat informasi dimana posisi dan peran jurnalis sangat menentukan konstruksi realitas. Pelatihan jurnalistik kesehatan ini relevan dengan situasi terutama munculnya gejala infodemi yang menyajikan informasi kesehatan secara berlebihan di platform medsos," ungkapnya.

Ia berharap jurnalis kesehatan mampu mengambil peran dalam membedakan infomasi yang sesuai dengan fakta dan informasi yang mengandung hoax.

"Jurnalis kesehatan harus mampu mengkanalisasi informasi itu sehingga tidak menyesatkan pembaca atau masyarakat," ujarnya.

Terpisah Direktur Gosehat.id, Sabri mengatakan, kehadiran media kesehatan menjadi warna baru dalam memberikan informasi kesehatan. Olehnya itu media ini akan terus melakukan peningkatan jurnalis di bidang kesehatan.

"Gosehat akan terus melakukan peningkatan SDM untuk jurnalis kesehatan, sesuai tagline kami Go Sehat Go Literasi," katanya.

Lanjutnya, ia akan terus meningkatkan kapasitas jurnalis dan mendorong para jurnalis untuk peduli terhadap isu-isu kesehatan. Isu ini sering dipandang tidak menarik atau tidak seksi, padahal merupakan isu yang mendasar menyangkut kepentingan masyarakat.

“Kita akan terus mendorong para jurnalis untuk peduli isu kesehatan, karena saat ini sangat jarang ada headline isu kesehatan kecuali ada peristiwa besar. Kita paham salah satu meningkatkan derajat perlu melibatkan peran media dan jurnalis,” tandasnya. (*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN