Atasi Anjloknya Harga Kopra, Pemda Terus Lakukan Pembinaan Kepada Pelaku IKM

SOROTMAKASSAR -- Selayar.

Menanggapi polemik yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini seputar anjloknya harga komoditi kopra, Kepala Dinas Perindustrian, Pedagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkum) Kepulauan Selayar, Drs Hizbullah Kamaruddin angkat bicara menanggapinya.
Kadis Perindagkum Selayar, Drs Hizbullah Kamaruddin.

"Sebagai upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Selayar dalam mengatasi anjloknya harga komoditi kopra secara nasional, oleh Pemda secara terus menerus melakukan pembinaan kepada pelaku  Industri Kecil Menengah (IKM) agar terus melakukan inovasi baru dengan membuat produk-produk turunan kelapa termasuk pemberian bantuan peralatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang pengelolaan kelapa," ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Hizbullah, pada pertengahan tahun 2019 ini, investor pengolahan Virgin Coconut Oil (VCO) dari Surabaya, Jawa Timur akan datang ke Selayar melakukan sosialisasi pembangunan pabrik VCO curah termasuk kerjasama dalam pemasarannya.

Selain itu, Disperindagkum telah mengusul kepada Bupati, HM Basli Ali agar isu kelapa harus diangkat menjadi isu nasional seiring anjloknya harga kelapa secara global. Efek dari perdagangan kelapa yang dinilai sudah menekan daya beli masyarakat yang dapat menimbulkan tingkat kemiskinan masyarakat yang mengalami peningkatan cukup signifikan maka dibutuhkan kebijakan Pemerintah Pusat untuk solusi penyelesaiannya.

Masih dalam Juni tahun ini, Hizbullah memaparkan lagi, pihak penyedia mesin pembuatan minyak goreng skala kecil dari Makassar Sulsel juga akan ke Selayar melakukan kegiatan sosialisasi kepada sejumlah Kepala Desa, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan usaha pembuatan minyak goreng kelapa yang bahan bakunya dapat dibeli dari masyarakat petani kopra.

"Tentu ini sudah sejalan dengan himbauan Pemda kepada ASN khususnya di daerah ini untuk mengkonsumsi minyak goreng olahan masyarakat Selayar. Disamping terus mendorong masyarakat khususnya petani kopra untuk tetap memproduksi arang tempurung dan kopra putih," tukas Hizbullah.

"Dalam pertemuan Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (KOPEK) di Jakarta 16 Mei pekan lalu yang dihadiri sejumlah bupati diantaranya, Bupati Kepulauan Selayar di Sulsel, Bupati Karangasem di Bali, Bupati Wonosobo di Jawa Tengah,  Bupati Sambas di Kalimantan Barat, Bupati Meranti di Kepulauan Riau serta beberapa perwakilan Pemda penghasil kelapa di Indonesia yang diketuai Prof Dr Ir Nelson Pomalingo, M.Pd telah menyimpulkan 4 poin penting," jelas Hizbullah yang juga ikut dalam pertemuan itu bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir Ismail.

Menurutnya, pemerintah kabupaten seluruh Indonesia khususnya yang tergabung dalam asosiasi petani dan pengusaha dibidang perkelapaan akan mendukung Festival Kelapa Internasional di Karangasem Bali pada 14-17 September 2019 nanti. 

"Selain itu, KOPEK juga diharapkan mengambil peran aktif dalam pengambilan kebijakan strategis nasional yang meliputi kebijakan produksi, pengembangan industri kelapa terpadu serta mendorong Pemerintah Pusat untuk menjadikan kelapa sebagai komoditi strategis nasional serta dapat menginisiasi terbentuknya Otoritas Kelapa Indonesia," katanya.

"KOPEK juga diharapkan dapat memfasilitasi kemitraan antara swasta dan pemerintah dalam peningkatan investasi khususnya dikabupaten penghasil kelapa, seperti Selayar. Dan terakhir KOPEK mendukung peningkatan peran aktif Indonesia dalam Organisasi Internasional Coconut Community (ICC) dari Indonesia yang memiliki kompetensi dibidang perkelapaan, baik nasional maupun internasional melalui proses seleksi terbuka," imbuh Hizbullah Kamaruddin via WA nya tadi pagi. (M. Daeng Siudjung Nyulle)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN