Polres Luwu Utara Gelar Apel Pasukan Ketupat 2024, Terjunkan 215 Personil Gabungan

SOROTMAKASSAR, SULAWESI SELATAN - Polres Luwu Utara Polda Sulawesi Selatan selenggarakan Latihan Pra Operasi (Latpraops) Ketupat 2024 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Hal itu merupakan mekanisme Polri yang melaksanakan Latpraops jelang dimulainya Operasi Ketupat pada Rabu 3 April 2024

“Barusan kita melaksanakan apel Operasi Ketupat dalam rangka Hari Idulfitri 2024. Dimana seperti kita ketahui bahwa setiap operasi kita memulai dengan melaksanakan latihan pra operasi, sebelum operasi,” ujar Kapolres Luwu Utara AKBP Muhammad Husni Ramli.

AKBP Muh Husni Ramli mengatakan bahwa, Latpraops ini adalah sarana agar memastikan pikiran dan tindakan anggota selaras dengan semua perangkat dalam operasi. Terlebih semua satgas-satgas yang menyertai harus memahami Ops Ketupat.

“ Dalam pelaksanaan operasi, kita latihan kita simulasikan dalam satu hari ini sehingga mudah-mudahan dengan operasi ini semua personil kita yang mewakili operasi itu mengerti apa yang akan dilakukan pada saat operasi,” terangnya.

Lebih lanjut, Kapolres Luwu Utara mengatakan bahwa, sasaran Operasi Ketupat adalah masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan Hari Idulfitri. Baik itu di tempat ibadah, dalam perjalanan mudik, dan di tempat perbelanjaan.

Selain itu, pihaknya dalam Ops Ketupat 2024 ini turut mengamankan kegiatan seputar Idulfitri, seperti takbiran, sholat IED, kemudian kegiatan silaturahmi. Sarana-prasaran mudik juga jadi sasaran pengamanan.

“Kemudian tempat-tempat itu Masjid, Mall, tempat perbelanjaan, bandara dan tempat-tempat yang akan digunakan oleh masyarakat dalam rangka Hari Idulfitri. Kita akan amankan kendaraan-kendaraan, kita cek semua kendaraan-kendaraan baik kendaraan bus, roda dua, roda empat, kita imbau, kemudian alat-alat yang digunakan itu jadi sasaran kita,” jelasnya.

Kapolres mengatakan, operasi ketupat tahun ini perkembangannya berbeda dengan operasi ketupat tahun 2023. Amanat Kapolri yang dibacakan Kapolres, menekankan pentingnya sinergi TNI-Polri dengan semua pihak terkait dalam rangka menjaga keamanan selama arus mudik dan perayaan Idulfitri 1445 Hijriah.

“Sehingga memang sasaran kita disamping Kamseltibcarlantas juga pemukiman-pemukiman yang akan ditinggal masyarakat. Nanti dalam latpraops ini akan kita sampaikan mulai dari kegiatan deteksi, preemtif, preventif sampai dengan penegakan hukum.

Apel gelar pasukan dihadiri Wakil Bupati Luwu Utara Suaib Mansur, para stakeholder terkait seperti Brigadir Mobil (Brimob) Batalyon D Pelopor Polda Sulsel, TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Senkom dan instansi terkait.

Pewarta: Yustus

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN