Gubernur Sulsel-BPIP Komitmen Penguatan Ideologi Pancasila

SOROTMAKASSAR — Makassar.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menerima kunjungan silaturahmi dan koordinasi Wakil Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP),  Prof. Hariyono di Rumah Jabatan Wakil Gubernur, Jalan Yusuf Daeng Ngawing, Makassar, Senin, 23 Mei 2022.



Pada kesempatan itu hadir juga Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Baby Siti Salamah, Direktur Perencanaan dan Kerjasama Diklat Sadono Sriharjo, Direktur Standardisasi dan Kurikulum Heri Hermawan, serta Pejabat Fungsional Ahli Madya Mahnan Marbawi.

Pertemuan ini membahas koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pembinaan Pancasila secara menyeluruh dan berkelanjutan yang merupakan bagian tugas BPIP yang disinergikan dengan Pemprov Sulsel.

Selain itu, silaturahmi tersebut juga membahas standardisasi pendidikan dan pelatihan Pancasila.



Andi Sudirman menyampaikan kondisi di Sulawesi Selatan sekaligus mengharapkan tercipta masyarakat atau organisasi masyarakat yang hidup berdasarkan hukum yang berlaku. Demikian juga tidak ada pemikiran atau upaya disintegrasi bangsa.

“Alhamdulillah penguatan nasionalisme dan upaya pencegahan dan mengatasi disintegrasi bangsa terus dilakukan bersama Forkopimda, Pemda, tokoh masyarakat dan juga masyarakat terus dilakukan,” kata Andi Sudirman.

Semangat nasionalisme terus dihadirkan dalam berbagai lapisan masyarakat, termasuk di sekolah-sekolah sehingga diperlukan dukungan BPIP.

“Bagi kami begitu penting peranan BPIP untuk memberikan pemahaman Pancasila dan nasionalisme dengan baik guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” sebut Gubernur termuda ini.

Gubernur juga menyatakan perlunya pengawasan dan pembinaan terhadap orgnisasi atau kelompok yang dapat menyebabkan perpecahan atau konflik di tengah masyarakat.

Sedangkan, Waka BPIP Hariyono menyampaikan bahwa pemahaman ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa penting termasuk gangguan dari luar Indonesia.

“Ini menjadi upaya untuk menguatkan negara dan bangsa serta untuk mencegah ancaman-ancaman dari luar,” katanya.

Selain Andi Sudirman mengaku senang dengan pertemuan ini, Hariyono pun demikian. Dinilainya, memahami Pancasila dengan baik.

“Bicara dengan bapak itu enak, karena berpikir rasionalitas, dapat menggali Pancasila dengan baik, Presiden Soekarno itu juga orang teknik Pak Gub,” ucapnya.

Dijadwalkan, Waka BPIP juga akan membuka Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Organisasi Sosial dan Politik di Makassar, Sulawesi Selatan, 23-26 Mei 2022.

“Pada acara diklat itu nanti kami meminta panitia dan peserta menggunakan pakaian adat,” sebut Baby Siti Salamah yang diapresiasi Gubernur, bahkan menanyakan jenis pakaian adat yang dipakai panitia dan peserta.(*)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN