Undang Stakeholder Terkait, Pemkab Sinjai Rancang Konsep Program Devisa Desa

 

SOROTMAKASSAR - SINJAI.

Menindaklanjuti pertemuan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank, di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Sinjai melaksanakan diskusi terkait konsep devisa desa rumput laut.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Bappeda Sinjai yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Sinjai yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Sinjai Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Lukman Fattah, Jumat (9/6/2023) siang.

Lukman Fattah dalam sambutannya mengharapkan adanya kolaborasi yang terjalin dengan seluruh stakeholder agar program ini berjalan dengan baik sehingga perekonomian di sektor perikanan dapat semakin berkembang.

"Mari memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya untuk saling memberikan masukan sehingga apa yang menjadi harapan bapak Bupati melalui program devisa desa, para petani rumput laut semakin sejahtera," jelasnya.

Adapun skema program yang direncanakan yaitu Desa devisa Sinjai terintegrasi dengan rencana digitalisasi dan SRG (Sistem Resi Gudang) yang terintegrasi dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi Sinjai.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Syamsul Alam mengatakan, pertemuan ini adalah merupakan forum diskusi untuk membahas terkait rencana pembentukan program Devisa Desa rumput laut di Kabupaten Sinjai.

Desa Devisa ini merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan potensi komoditas ekspor sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Jadi program ini memiliki konsep desa yang berbasis komoditas tertentu untuk diekspor ke luar negeri, dari hasil ekspor komoditi rumput laut ini akan menghasilkan devisa," jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, rumput laut jenis eucheuma cottonii ini akan menjadi komoditi dalam program devisa desa yang pengembangannya dilakukan disepanjang perairan Sinjai Timur khususnya di desa Tongke-Tongke.

"Pengembangan komoditi eucheuma cotonii sangat menjanjikan, pasarnya terjamin dan siap untuk membeli produksi petani untuk diekspor, tinggal bagaimana kita dari Pemerintah memfasilitasi dan melakukan pendampingan kepada petani pembudidaya supaya hasilnya berkualitas," ucapnya.

Hadir sebagai narasumber dalam diskusi ini adalah dari Koperasi Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Kaspermindo) dan perwakilan dari Telkom Sinjai.

Diskusi ini turut dihadiri oleh Kepala Disperindag dan ESDM Sinjai Muh. Saleh, perwakilan dari beberapa OPD terkait, perwakilan Camat Sinjai Timur, Kepala Desa Tongke-tongke Sirajuddin dan Koordinator Penyuluh perikanan. (adz)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN