Piala Dunia U-20 : Uruguay dan Italia Perebutkan Juara

 

SOROTMAKASSAR - BUENOS AIRES.

Tim Nasional U-20 Uruguay akan berhadapan dengan Italia di final Piala Dunia U-20 Argentina setelah mengalahkan lawan-lawannya di semifinal yang dimainkan di Stadion Estadio Ciudad de La Plata Buenos Aires Argentina, Jumat (9/6/2023) dinihari tadi dan pagi hari waktu Indonesia Tengah.



Uruguay lebih dulu mengalahkan Israel pada partai semifinal pertama dengan skor 1-0. Sementara Italia yang tampil melawan Korea Selatan pada partai semifinal kedua menang 2-1. Italia unggul 1-0 pada babak pertama menit ke-14, kemudian disamakan Korea Selatan menjadi 1-1 pada menit me ke-23 melalui titik penalti.

Pada babak kedua Italia berhasil mengubah skor menjadi 2-1 melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti yang dilakukan Simeone Pafundi pada menit ke-85.

Pada babak pertama, Italia menguasai 68% jalannya pertandingan dengan tensi serangan yang berskala cepat. Gol pertama tim negara Menara Pisa ini lahir dari bola yang lepas dari kaki pemain Korea di sebelah kanan gawang Kim Joonhong di pinggir lapangan. Bola berhasil direbut pemain Italia, kemudian mengumpannya ke tengah, yang kemudian disambut Cedare Cesadei dengan satu tendangan keras menggantung yang masuk di sebelah kiri gawang Kim Joonhang, 1-0.

Keberhasilan Cesadei mencetak gol pertama pada menit ke-14 tersebut menempatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia U-20, dengan 7 gol.

Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-23, melalui titik penalti, setelah salah seorang Korea dilanggar di kotak terlarang. Wasit Yael Falcon asal Argentina harus menyaksikan Video Assistant Referee (VAR) sebelum menjatuhkan hukuman tentangan di titik putih bagi Korea. S.K.Lee yang menjadi algojo tendangan penalti tersebut berhasil menggetarkan jala Italia yang dikawal Sebastiono Desplanches. Kiper Italia itu berhasil membaca arah bola, namun tendangan keras Lee gagal ditepis.

Italia tercatat melepas tembakan “on target” sebanyak 12 kali, sementara Korea Selatan hanya memperoleh 3 kali melepas tembakan. Pertandingan pada babak pertama ini berlangsung keras, ditandai wasit Argentina tersebut mengganjar dua kartu kuning buat pemain Italia, yakni Ambrosino dan Zanotti.

Pertandingan Italia vs Korea Selatan pada babak kedua berlangsung dalam tempo sedang, berbeda dengan pada babak pertama. Wasit Yael Falcon mengeluarkan tiga kartu kuning di babak kedua, yakni untuk kiper Kim Joonhong dan Park Yunbing (Korsel) dan Faticanti, pemain Italia.

Uruguay lebih dulu memastikan lolos ke final setelah mengalahkan Israel 1-0 dalam pertandingan semifinal pertama di Stadion Estadio Ciudad de La Plata Argentina, Jumat (9/6/2023) dinihari. Gol tunggal Uruguay dicetak penyerang A.Duarte pada menit ke-61.

Dengan hasil ini, Uruguay akan berhadapan dengan Italia di partai final dan Israel akan melawan Korea Selatan memperebutkan tempat ketiga.

Sebelumnya, Italia ke semifinal setelah mengalahkan Kolombia 3-1 dan Korea Selatan mengalahkan Nigeria 1-0. Uruguay mengalahkan Amerika Serikat 2-0. Israel mengalahkan Brazil 3-2.

Pertandingan final Piala Dunia dilaksanakan Senin, 12 Juni 2023 pagi. (MDA)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN