Ketua Umum IKAT Lutra Mulai Disebut-sebut Bakal Ikut Ramaikan Bursa Calon Wabup Utara

SOROTMAKASSAR -- Luwu Utara.

Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKAT) Luwu Utara, Ir. Marthina Simon, M.Si yang cukup diperhitungkan dikalangan warga Toraja di kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang, kini mulai disebut-sebut bakal ikut meramaikan bursa kandidat calon Wakil Bupati (Wabup) Luwu Utara pada pilkada 2020 mendatang.

Hal itu dikemukakan Indo', panggilan akrab Ir. Marthina Simon, MSi kepada media ini Rabu (08/05/2019). Ia tercatat mantan Kepala Badan Ketahanan Pangan serta Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB yang kini didudukkan di Sekretaris Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dan pengalamannya 13 tahun di Bappeda, Asisten III dan diperbantukan di Sekretariat.

“Sudah ada beberapa orang yang meminta saya untuk ikut mencalonkan diri dalam Pilkada Luwu Utara dan saya mengapresiasi aspirasi tersebut. Siapa yang tidak rindu dan peduli untuk membangun Luwu Utara karena warga Toraja disini cukup diperhitungkan juga," ungkap Marthina Simon, seraya menambahkan buktinya ada 5 putra Toraja yang duduk di DPRD dan Indo' juga Wakil Ketua IKAT se Luwu Raya.

Namun demikian Ketua IKAT Luwu Utara ini secara jujur mengakui bahwa bursa kandidat Cabup maupun cawabup dalam Pilkada Luwu Utara akan diwarnai persaingan yang sangat ketat. Apalagi beberapa figur yang telah digadang-gadang dalam bursa Pilkada Luwu Utara adalah figur yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang tidak diragukan lagi, misalnya Ibu Indah Putri Indriani, Muh Thahar Rum, Arifin Junaidi, Arsyad Kasmar dan yang lainnya yang pernah masuk kandidat Bupati Lutra yang lalu.

Warga Toraja di Luwu Utara menilai bahwa Marthina Simon selaku Ketua Umum IKAT Luwu Utara memiliki pengalaman sebagai ASN mulai dari Timor-Timor (dulu, Red), dan juga mempunyai pengalaman panjang sebagai pejabat eselon 2 di Pemkab Lutra.

“Meskipun saya sekarang adalah Sekertaris Dinas, saya tahu diri dan hanya siap bertarung dalam bursa kandidat calon Wakil Bupati saja. Kita harus mengapresiasi tokoh-tokoh kita yang lebih berpengalaman dalam dunia birokrasi,” ulasnya.

Sementara Ketua Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) di Jakarta, Ir. Frederik Batong mengatakan bahwa Indo' (Marthina Simon) Srikandi Sang Torayan di Luwu Utara layak dan pantas diperhitungkan dalam dunia kancah perpolitikan di momen-momen Pilkada seperti pada tahun 2020 kedepan.

Frederik Batong menilai Srikandi Toraya ini yang akrab dipanggil Indo' itu, dia lincah, agresif, hebat dan bertanggungjawab atas amanah yang diembannya, seorang perempuan jarang sekali kita temui sosok seperti pribadi ibu Ketua IKAT Lutra dan tidak gampang pula mengemban Ketua IKAT yang rela berkorban dari segi pikiran, waktu, tenaga dan materi.(yustus)

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN