Kala Teater Buka Program Kelas Teater

SOROTMAKASSAR -- Makassar

Kala Teater sebagai salah satu organisasi kesenian di Kota Makassar, sudah sangat dikenal hingga tingkat nasional. Sudah sepantasnya group ini melebarkan sayapnya, dalam membina kesenian, khususnya bidang seni teater ke arah yang lebih profesional.

Kegiatan pembukaan kelas teater ini, telah di gagas sejak tahun 2019. Dan di tahun 2020 ini, Kala Teater akan melaksanakan Kelas Teater selama 4 bulan, terhitung mulai bulan Januari hingga April 2020.

Kelas Teater merupakan program yang mendiskusikan pemikiran dan metode teater tokoh-tokoh teater Indonesia dan dunia.

Tokoh-tokoh yang akan dibahas sebagai materi di kelas teater antara lain, Robert Wilson, Sarah Kane, Suyatna Anirun, Richard Boleslavsky, William Shakespeare, Anton Chekhov, Saini Km, Tuti Indra Malaon, Asrul Sani, dan Ikranagara.

Pembahasan tokoh-tokoh tersebut, didapatkan dari pemateri-pemateri yang sudah cukup lama bergelut dibidang seni, seperti Damar Tri A, Shinta Febriany, Yudhistira Sukatanya, Ram Prapanca, dan beberapa narasumber lainnya.

Damar Tri A akan membawakan kelas pembuka yang membahas tokoh Robert Wilson pada 22 dan 23 Januari 2020. Damar Tri A merupakan dosen di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Sulawesi Selatan. Dia mendirikan Pusat Studi Estetika (PUSTIKA) dan baru-baru ini menerbitkan kumpulan esainya dalam buku Dialektika Seni, esai-esai ekstra-estetik. Bahkan, tesisnya, fokus membahas seni rupa pertunjukan.

Kelas Robert Wilson akan fokus membahas kerja seni rupa dalam karya Robert Wilson. Dia merupakan sutradara dan perancang panggung asal Amerika yang disebut-sebut sebagai seniman teater paling penting di abad ke-20. Lebih dari enam puluh teater postmodern karyanya telah dipentaskan termasuk pertunjukan I La Galigo. Karyanya sering dijuluki sebagai 'teater visual' (theatre of visuals) atau 'teater gambar' (theatre of images).

Kelas Teater dilaksanakan di Studio Kala Teater, Kompleks Griya Barombong Blok K No.10 Makassar. Peserta terbuka untuk umum. (rk)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN