Warga Panciro Gowa Rintis Usaha Pengeringan Ikan Mairo

SOROTMAKASSAR -- Gowa.

Sebanyak 30 warga Dusun Bonto Ramba Selatan, Desa Panciro, Kabupatena Gowa, sejak Juni 2020 lalu, menekuni usaha baru industri rumahan, pengeringan ikan mairo. Usaha pengeringan ikan kecil kecil dari laut ini, menyerap cukup banyak warga, dan mampu memberi penghasilan tambahan keluarga di tengah Pandemi Covid-19.

Ketua RW 2 Dusun Bontoramba Selatan, Desa Panciro, Gowa, Syahruddin Daeng Bella, mengatakan kepada media, Selasa (29/09/2020), bahan baku ikan mairo basah datang dari berbagai daerah yang memiliki wilayah laut yang luas, seperti Makassar, Gowa, Takalar, Bone, Pangkep, dan Maros.

Setelah memperoleh bahan baku, ikan mairo dikeringkan beberapa hari. Saat ikan mairo telah kering, kemudian dikemas untuk dikirim ke beberapa wilayah yang jadi daerah pasaran ikan mairo.

"Usaha yang baru dirintis enam bulan terakhir ini, mengambil lokasi di areal persawahan yang agak jauh dari pemukiman. Pada pembagian kerja, kaum pria laki-laki yang menjemur dan perempuan yang memindahkan mairo ke tempat gabus dan rak-rak jemuran," kata alumni SMK I Somba Opu Gowa ini.

Desa Panciro saat ini dipimpin Kepala Desa, Anwar Dg Malolo. Ada empat dusun di Desa Panciro yakni; Dusun Mattirobaji, Kampung Parang, Bontoramba dan Bontoramba Selatan. (Ulla/Yahya).

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN