Bela Asrul, JOIN Makassar Bersama PBHI Sulsel Siapkan Puluhan Pengacara

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Menyikapi tindakan aparat penegak hukum yang telah melakukan penahanan terhadap seorang jurnalis di Polda Sulsel akibat pemberitaan, DPD Jurnalis Online Indonesia (JOIN) Kota Makassar kini menyiapkan puluhan pengacara untuk membela awak media atas nama Muh. Asrul tersebut.

Ketua DPD JOIN Kota Makassar, Sabri, SKM mengatakan, langkah yang ditempuh pihaknya ini sebagai bentuk komitmen membela sesama profesi jurnalis.

"JOIN bersama Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Sulsel akan mengawal kasus yang melilit jurnalis berita news Muh. Asrul dan akan menurukan puluhan pengacara," ujarnya kepada wartawan, Selasa (11/02/2020).

Sementara Ketua PBHI Sulsel, Abdul Aziz Saleh menyayangkan atas tindakan penahanan jurnalis yang juga sebagai pilar keempat domokrasi.

Karenanya, menindak lanjuti MoU bersama JOIN Makassar, pihaknya siap mendampingi jurnalis yang bermasalah dengan hukum termasuk kasus yang menimpa Muh. Asrul.

"Kami akan membackup dan siapkan puluhan lawyer pendamping jurnalis yang bermasalah dengan hukum," tegasnya.

Seperti diketahui, Asrul ditahan atas sebuah laporan terkait pemberitaan kasus-kasus korupsi di kota Palopo. Hingga kini, ia masih menjalani penahanan di Polda Sulsel, Makassar.

Penahanan dilakukan sejak 30 Januari 2020, setelah sebelumnya ia dilaporkan Farid Kasim Judas, putra wali kota Palopo, yang juga pejabat di Pemkot Palopo.

Asrul ditahan atas sebuah pemberitaan yang mengungkap dugaan korupsi Kasim. Berita itu ditulis Asrul dan dimuat di Berita.news serta disebar di sejumlah akun media sosial. Asrul pun terancam dijerat dengan Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). (*)

 

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN