Naoemi Octarina Buka Gelar Pangan Pasar Tani Sulsel

*Diikuti Kelompok Tani, Distributor, dan Retail

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, melaksanakan Gelar Pangan Pasar Tani, di Jalan Amirullah Makassar, 3 - 4 Mei 2021. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naoemi Octarina.



Gelar Pangan Pasar Tani ini diikuti oleh kelompok tani dari 10 kabupaten di Sulsel. Diantaranya, Kabupaten Enrekang, Bone, Jeneponto, Takalar, dan Pinrang. Distributor pangan dan retail juga dilibatkan dalam kegiatan ini.

Naoemi mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19. Termasuk bagi para petani, agar bisa memasarkan hasil pertaniannya kepada masyarakat.

"Kegiatan ini bermanfaat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian. Ini sejalan dengan program pemerintah provinsi dan Tim Penggerak PKK Sulsel," kata Naoemi, saat membuka acara tersebut, Senin (3/5/2021).



Ia mengungkapkan, daya beli masyarakat sejak pandemi Covid-19 sangat menurun. Meskipun pemerintah menyiapkan pasar murah, masih sangat berpengaruh. Sehingga, perlu dicarikan solusi. Salah satunya, mendekatkan pasar murah itu ke masyarakat.

"Kegiatan seperti ini harus dipublikasikan ke masyarakat, jauh sebelum dilaksanakan. Sehingga, masyarakat bisa tahu dimana lokasinya, dan kapan waktu pelaksanaannya," ujarnya.

Naoemi juga menyarankan agar Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel bersama PKK Sulsel, membagikan paket sembako dan paket pasar tani untuk para sopir angkutan umum. Karena, mereka sangat terdampak dengan aturan larangan mudik untuk mencegah penularan Covid-19.

"Aturan larangan mudik ini bukan dibuat-buat untuk kepentingan pribadi, tetapi untuk melindungi masyarakat kita dari Covid-19. Tugas kita, adalah mendukung pemerintah, melalui berbagai upaya yang bisa kita lakukan," terangnya.

Sementara, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Ardin Tjajo, mengatakan, Gelar Pangan Pasar Tani ini dilaksanakan untuk memfasilitasi petani, kelompok tani, pelaku usaha, untuk memasarkan secara langsung produknya kepada masyarakat. Sekaligus, menyediakan produk segar berkualitas dengan harga terjangkau.



"Gelar Pangan Pasar Tani ini juga untuk nenjaga keseimbangan harga di tingkat konsumen," kata Ardin.

Dalam kegiatan yang bersinergi dengan Tim Penggerak PKK Sulsel ini juga dilakukan pembagian paket sembako dan paket pasar tani untuk warga prasejahtera. Kegiatan ini memberlakukan protokol kesehatan secara ketat. Dimana para peserta dan pengunjung tidak diperkenankan membuka masker selama berada di lokasi gelar pangan, tetap menjaga jarak, serta menyiapkan wastafel untuk cuci tangan.

Usai membuka acara, Naoemi juga meninjau rumah kemasan produk pertanian, lokasi percontohan urban farming, serta stand penjualan produk pertanian.

Turut hadir mendampingi Naoemi, Ketua Pokja III TP PKK Sulsel dan Ketua Dharma Wanita Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel. (ril)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN