Lady Gaga Meriahkan Pelantikan Presiden Joe Biden

SOROTMAKASSAR -- Washington.

Joseph Robinette Biden Jr, Joe Biden, tepat pukul 01.00 Wita, Kamis (21/01/2021) atau Rabu pagi waktu Amerika, resmi sebagai Presiden ke-46 Amerika Serikat, menggantikan Donald Trump.

Trump dari Partai Republik menjadi Presiden AS kedua yang tidak menghadiri pelantikan presiden penggantinya selama satu setengah abad terakhir. Pada tahun 1808, Andrew Johnson yang konflik dengan penggantinya, Ulysses Simpson Grant dari Partai Republik, tidak hadir dalam acara pelantikan penggantinya.

Donald Trump dalam sambutan perpisahannya juga sama sekali tidak menyebut nama Joe Biden yang menggantikannya. Meskipun Trump tidak hadir dalam pelantikan Joe Biden-Kamala Harris, namun mantan wakil Presiden AS Mike Pence memilih langkah berbeda dengan Trump. Pence hadir dalam acara pelantikan Biden.

Joe Biden diambil sumpahnya oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Glover Roberts Jr, yang menjabat sejak 2005 dan diangkat oleh Presiden Goerge Bush. Sedangkan Wakil Presiden AS Kamala Harris diambil sumpahnya oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung AS Sonia Sotomayor, yang juga pernah melantik Joe Biden ketika menjabat Wakil Presiden di era Barrack Obama.

Pelantikan yang di bawah pengawalan 25.000 anggota pasukan Garda Nasional itu berlangsung di Gedung Capitol Washington DC dalam suasana protokol kesehatan. Seluruh undangan menggunakan masker, meskipun tidak dapat mematuhi jaga jarak yang seutuhnya.

Penyanyi Lady Gaga tampil mengenakan rok bawah warna merah membawakan lagu kebangsaan Amerika. berjudul “The Star Spangled Banner” (Panjir Berhiaskan Bintang). Sementara bintang layar perak Jennifer Lopez membawakan “Amerika This Our Land” memukau undangan yang diterpa sinar mentari pagi Amerika. Grath Brooks, seorang penyanyi country tampil membawakan lagu “Amazing Grace”.

Presiden Joe Biden lima menit setelah resmi diambil sumpahnya langsung memberikan sambutan perdana. Ia mengajak rakyat Amerika untuk kembali bersatu.

“Hari ini adalah the day of democracy, marilah kita kembali bersatu,” seru Joe Biden yang berusia 77 tahun tersebut,

Joe Biden menikah dengan Eilia Hunter pada tahun 1977 dan kini dikaruniai empat orang anak dan sejumlah cucu.

Upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden AS Joe Biden dan Kamala Harris tersebut disiarkan langsung beberapa stasion TV nasional Indonesia. (MDA)

Politik

Pendidikan

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN