Dibuka Mulai Hari Ini, Plt Gubernur Sulsel Harap PPDB 2021 Berlangsung Lancar

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, meminta agar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Periode 2021/2022 tetap memberikan kuota bagi siswa berprestasi dalam hal menghafal Alquran.



Hal itu disampaikan Andi Sudirman dalam pengarahannya pada Coffee Morning, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (7/6/2021).

Dinas Pendidikan Sulsel menjadwalkan PPDB akan mulai dibuka pada hari ini, 7 Juni 2021, pada jenjang SMA/SMK sederajat. Pendaftaran dibuka pertama kali untuk boarding school atau sekolah berasrama pada 7-13 Juni. Dilanjutkan pada sekolah reguler SMA/SMK 14 Juni hingga 8 Juli dengan empat tahapan. Masing-masing yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua/wali serta jalur prestasi.

"Alhamdulillah, tahun ini kembali ada kuota untuk jalur prestasi, kalau perlu ditambahkan (kuotanya). Seperti untuk prestasi olahraga, penghafal Alquran bisa memilih sekolah yang diinginkan. Ini mendorong siswa kita untuk terus berprestasi," jelasnya.

Andi Sudirman mendorong adanya kuota pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel bagi penghafal Alquran. Olehnya itu, dirinya berharap peran perguruan tinggi juga ikut mendorong pembukaan jalur prestasi bagi penghafal Alquran.

Ia meminta Dinas Pendidikan agar pelaksanaan PPDB berjalan lancar dan tidak ada keluhan dari para orang tua murid.

"Kita ingin sistem PPDB ini berjalan baik, jangan sampai terjadi masalah, dipastikan tepat waktu dan tidak terjadi kegaduhan," tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Muhammad Jufri, menambahkan, kuota jalur prestasi sebanyak lima persen, ditambah sisa kuota jika ada yang tidak terpenuhi dari tiga jalur sebelumnya.

Untuk mengurangi kendala PPDB, Dinas Pendidikan Sulsel juga menggandeng beberapa OPD terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Dinas Sosial. (*)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN