Prodi Administrasi Publik Unhas Raih Sertifikat Internasional AUN-QA

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Program studi (Prodi) Administrasi Publik meraih sertifikat AUN-QA yang menjadi standar sertifikat internasional untuk kualitas manajemen dan kurikulum program studi. Sertifikat ini didapatkan setelah melalui proses evaluasi dan assesment oleh ASEAN University Network Quality Assurance (AUN QA).

Proses assesment dilakukan secara daring pada 1-5 Februari oleh Prof. Dr. Sany Sanuri Mohd Mokhtar dari University Utara Malaysia dan Prof. Dr. Nguyen Huy Phuc dari Industrial University of Ho Chi Minh City, Vietnam.

Pengumuman hasil assesment sertifikat internasional AUN QA ini disampaikan Budi Prastawa, PhD, yang juga Ketua Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Hasanuddin setelah mendapatkan email dari manajemen AUN QA yang berpusat di Bangkok Thailand.

Berita kesuksesan prodi Adm Publik kemudian disambut dengan pemberian selamat oleh Prof Restu (Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Hasanuddin) dan Prof Armin (Dekan Fisip Unhas) dan Dr. Phil. Sukri (Wakil Dekan Akademik Fisip Unhas) via WA kepada Tim TAsk Force AUN Prodi Adm Publik Unhas.

Tim Task Force AUN QA Prodi Adm Publik Unhas yaitu Dr. Hasniati (Ketua), Dr. Muh Tang Abdullah, Andi Rahmat Hidayat, M.Si, Amril Hans, MPA dan Andi Ahmad Yani, MSi, MPA, MSc serta didukung Rizal Pauzi, MSi. Proses assesment dilakukan dengan sangat ketat dan padat meskipun dilakukan secara daring.

Andi Ahmad Yani, MSi, MPA, MSc, Tim Task Force AUN QA Prodi Adm Publik Unhas menjelaskan, dalam proses assesment, selain melakukan evaluasi dokumen kurikulum, Tim Assesor juga melakukan wawancara langsung kepada dosen, mahasiswa, pegawai, alumni dan lembaga yang menggunakan alumni Prodi Administrasi Publik.

"Proses wawancara dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris dan Tim Task Force memberikan data-data perkembangan Prodi Adm Publik selama ini" jelasnya.

Ahmad Yani menjelaskan, sebagai program studi tertua di Fisip Unhas, Prodi Adm Publik tentu memiliki kelebihan tersendiri dengan jumlah guru besar terbanyak yang memiliki prestasi dan reputasi internasional. Demikian halnya dengan mahasiswa dan alumni yang selama ini selalu terlibat dalam berbagai kegiatan nasional dan internasional.

"Sertifikat internasioanl AUN QA ini semakin memperkuat Prodi Adm Publik untuk menjadi prodi berlevel internasional yang sejak tahun 2019 telah menerima mahasiswa dari Thaksin University Thailand untuk ikut dalam aktivitas kuliah," jelasnya.

Ahmad Yani menambahkan, selain itu Program Master Adm Publik Unhas juga telah memiliki program double degree dalam bidang public policy and management dan electronic government yang bekerjasama dengan Melbourne University Australia dan University of Victoria at Wellington, Selandia Baru.

Sementara itu Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah mengatakan, kabar baik baru saja datang dari Sekretariat AUN-QA di Thailand yang menyatakan bahwa 4 prodi S1 Unhas memenuhi persyaratan sertifikasi/akreditasi internasional AUN QA.

"Selain Prodi administrasi publik, ada 3 program studi lain yakni Ilmu Politik, Sastra Arab dan Manajemen SD Perairan" jelasnya.

Suharman menambahkan, Alhamdulillah, Berkah di Akhir Ramadhan ini. dengan bertambahnya 4 prodi S1 Unhas dapat Sertifikasi/Akreditasi AUN. Hasil ini menjadikan Unhas memiliki 34 prodi S1 (51%) akreditasi internasional. (andi yani)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN