Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Univesitas Megarezky, Jalani Asesmen Lapangan Secara Daring

SOROTMAKASSAR-- Makassar.

Program Studi Pendidikan Sosiologi telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan (AL) secara daring dengan perwakilan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), untuk penilaian akreditasi, pada Rabu - Kamis (21–22/10/2020).

Asesor BAN-PT yang bertugas pada AL tersebut yakni Andreas Ambrosius Susanto, PhD. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta) dan Dr. Awaluddin Hamzah, SP, MSi (Universitas Halu Oleo). Proses AL selama dua hari, berjalan lancar.

Pada hari pertama AL diawali dengan acara pembukaan. Pada kesempatan itu selain para Asesor, Wakil Rektor, dan Dekan FKIP Unimerz Dr. Abdul Malik Iskandar, MSi turut memberikan sambutannya.

Abdul Malik menyampaikan, untuk proses akreditasi ini telah dilakukan persiapan secara matang. Sehingga apapun hasilnya, diharapkan yang terbaik untuk Prodi Pendidikan Sosiologi FKIP Universitas Megarezky.

Sementara itu Andreas Ambrosius Susanto, PhD dan Dr. Awaluddin Hamzah, SP, MSi, menyampaikan, pada dasarnya mereka hanya bertugas untuk melakukan verifikasi atas borang yang sudah dikirim Prodi Pendidikan Sosiologi ke BAN-PT melalui akun Sapto.

"Ini adalah proses sharing, kami harap akan ada good practice dari Prodi Pendidikan Sosiologi yang bisa kita tiru atau sebaliknya. Kita ingin semua itu ujung-ujungnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini,” ungkap Andreas.

Usai pembukaan, acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang IIIB Fakultas dan Borang IIIA Prodi. Terdapat tujuh standar yang ditinjau sebagai dasar penilaian, meliputi (1) visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (2) tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu, (3) mahasiswa dan lulusan, (4) sumber daya manusia, (5) kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik, (6) pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (7) penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama. Pada hari yang sama, proses AL diisi dengan sesi tanya jawab. Sesi tanya jawab terpisah masing-masing dilakukan dengan dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan serta tenaga kependidikan. Sesi ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholder.

Sementara itu pada hari kedua, dilakukan pengecekan, penandatanganan berita acara AL, serta penyampaian kesimpulan dari proses AL yang telah dilakukan asesor. Selanjutnya, sambutan penutupan AL Daring oleh Wakil Rektor III dan Asesor Ban PT.

Dari proses AL selama dua hari itu, asesor menyampaikan beberapa masukan perbaikan, meliputi peningkatan jabatan dan kepangkatan dosen, evaluasi beban mengajar dosen, peningkatan penyelenggaraan kuliah tamu dengan pemateri dari praktisi dan pemerhati pendidikan, penyediaan buku/resource text di ruang baca/ perpustakaan dan lab sosiologi, peningkatan keterlibatan alumni dalam kegiatan kampus.

Hasil Asesmen Lapangan Daring akreditasi Prodi Pendidikan Sosiologi ini akan diumumkan beberapa minggu ke depan setelah melalui beberapa tahapan verifikasi lagi di BAN-PT, yaitu pemeriksaan oleh validator, dewan eksekutif dan majelis BAN-PT. (*yahya)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN