FT-UMI Yudisium 212 Alumni, Dekan FT-UMI : Alumni Harus Mampu Berkiprah Maksimal Dalam Masyarakat

SOROTMAKASSAR -- Makassar.

Seluruh alumni Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT-UMI) harus mampu berkiprah secara maksimal dalam masyarakat, dengan menerapkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Hal tersebut disampaikan Dekan FT-UMI, Dr. Ir. H. Mukhtar Thahir Syarkawi, MT, dalam sambutannya pada kegiatan yudisium periode ke II tahun 2020, terhadap 212 orang alumni, yang dilaksanakan offline di ruang sidang FT-UMI dan secara online via aplikasi zoom, Kamis (22/10/2020).

Pada yudisium periode ke II ini, 212 orang alumni tersebut yakni, 143 orang alumni dari Prodi Teknik Sipil, 20 orang alumni Prodi Teknik Mesin, 30 orang alumni Prodi Elektro, dan 19 orang alumni Prodi Teknik Arsitektur.

Muhktar mengatakan, dengan situasi dan kondisi sekarang ini, mahasswa bahkan dosen, wajib untuk mengembangkan diri dalam bidang keilmuannya, serta menggali berbagai keterampilan untuk memperkaya diri.

"Mahasiswa yang telah menyelesaikan belajarnya di bangku kuliah, harus terus memperkaya diri dengan berbagai keterampilan dan keahlian," ungkapnya.

Kemudian katanya, setiap individu alumni FT-UMI, selain ilmu yang dimiliki, yang terpenting dalam menjalani keseharian adalah memiliki karakter moral dan karakter kinerja.

"Karakter moral termasuk di dalamnya, kejujuran. Lalu, karakter kinerja, seperti mampu bekerja keras, tidak pantang mudur dan tidak menyerah sebelum menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi. Selain itu, mampu bekerjasama, mengerti literasi dan tidak jangan melupakan sejarah," tegas Dekan FT-UMI.

Untuk itu, Mukhtar berpesan beberapa hal kepada alumni, diantaranya, selalu berfikir dan mengabdi secara ikhlas dalam masyarakat, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan, serta tetap memperkokoh tali persaudaraan sesama alumni.

Dalam kegiatan yang sama, Rektor UMI Makassar, diwakili Wakil Rektor II, Prof. Dr. Salim Basalamah Se, MSi, menyampaikan ucapan syukur atas keberhasilan para alumni dalam menyelesaikan masa studinya sesuai waktu yang ditentukan.

Selain itu, Wakil Rektor II juga berharap, agar setiap alumni dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari, senantiasa memegang 3 (tiga) sifat yang dimiliki pada Rasul dan Nabi, serta pendahulu-pendahulu, yakni sifat wara'ah atau rendah hati dan tidak sombong, sifat kana'ah sifat yang selalu bersyukur dan tidak mengeluh, serta sitat tawaddu yakni sifat merendahkan diri.

Sebelumnya, kegiatan ini dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars UMI, dan lagu Mars Teknik. Dilanjutkan, pembacaan doa, yang dibawakan dosen Arsitektur FT-UMI, Ir, Usman, MT, dan laporan dari Ketua Panitia, Dr. Ir. Andi Alifuddin, ST, MT. (*rahmiah)

Top Hit

Politik

Pendidikan

Seputar Sulawesi

Opini

Berita Makassar

Kuliner Nusantara

Newsletter

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN