Dandim 1418/Mamuju: Tenda Pengungsian di Stadion Tampung Sekitar 1.000 Orang

SOROTMAKASSAR -- Mamuju.

Tenda terpasang di Stadion Manakarra Mamuju yang dapat menampung sekitar 1.000 orang pengungsi dilengkapi dengan dapur umum, MCK, tenda kesehatan dan tenda tempat belajar anak-anak yang dilengkapi dengan beberapa orang guru pengajar.


Menurut Dandim 1418/Mamuju Kolonel Inf. Tri Aji Sartono ketika ditemui di Lapangan Stadion Manakarra mengatakan, sejak tanggal 16 Januari 2021 beberapa tenda telah didirikan oleh TNI dengan harapan para pengungsi yang berada di sekitar Stadion yang menggunakan tenda plastik segera pindah ke tenda yang disiapkan  TNI.

"Tenda yang kita dirikan di dalam Stadion dilengkapi fasilitas mendasar yang dibutuhkan seperti MCK, penerangan, pelayanan kesehatan, tenda trauma healing dan dapur umum untuk melayani warga yang mengungsi," ucap Dandim 1418/Mamuju.



Dandim menambahkan, tenda yang didirikan dalam stadion, sudah mulai disiapkan dan dibangun sebelum ada informasi kunjungan Presiden. "Jadi bukan didirikan karena ada kunjungan Presiden, " tutur Dandim.

Dandim lebih jauh mengatakan, mengingat jumlah pengungsi cukup banyak sehingga ada penambahan tenda dari Kementerian Sosial. "Tidak benar apabila ada yang mengatakan pengungsi dimasukkan di Stadion hanya karena adanya kunjungan Presiden RI," tandas Kolonel Inf. Tri Aji Sartono.

Dandim mengatakan, tenda yang didirikan warga di sekitar Stadion Manakarra tidak dapat dijamin keamanannya karena hanya diikat dengan tali dan mudah terbongkar ketika ditiup angin, apalagi di sekitarnya tidak dilengkapi dengan MCK sehingga untuk membuang kotoran tentunya mereka kewalahan.

"Tenda yang didirikan dalam stadion dibuat secara permanen dan dapat digunakan selama pengungsian," terang Dandim 1418/Mamuju.



Ibu Nurianti (42), pengungsi dari Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju ketika ditemui mengatakan, dirinya bersama keluarga berada di tenda diluar Stadion, namun ketika diimbau untuk masuk distadion, dirinya bersama beberapa keluarganya masuk di tenda yang telah disiapkan pemerintah.

"Pada awalnya, saya dan keluarga tidak mau masuk ditenda dalam stadion, namun ketika saya melihat ada beberapa fasilitas disiapkan, saya dan keluarga memutuskan untuk masuk menempati tenda yang telah disiapkan," ucapnya.
 
Senada apa yang diucapkan Nursartika (27), pengungsi dari Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju. Dirinya tidak pernah dipaksa untuk menempati tenda dalam stadion.

"Saya masuk atas kesadaran sendiri, dan saya sudah nyaman ditenda ini," kata Nursartika yang  juga berharap di setiap tenda disiapkan ember dan gayung. (*)

WWW.SOROTMAKASSAR.COM

Taman Telkomas, Jln Satelit IV No. 64 Makassar, Sulawesi Selatan.
Telp/HP : 0411-580918, 0811448368, 082280008368.

Jln Sultan Hasanuddin No. 32 (Kembang Djawa) Makassar, 
Sulawesi Selatan. Telp/Hp : 0811446911. 

Copyright © 2018 SOROTMAKASSAR.COM. All Rights Reserved.

REDAKSIDISCLAIMER | IKLAN